Selasa, 19 Mei 2015

Bisnis jas hujan FL



USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM
JAS HUJAN FL

BIDANG KEGIATAN:
 PKM KEWIRAUSAHAWAN

Diusulkan oleh:
  
 YUSRI CHANIF NAZARUDIN     (NIM:41613110054        Angkatan 2013)
M. RIFAI AZHAR                            (NIM.41613110056        Angkatan 2013)
FIRMANSYAH                                 (NIM. 43214110358       Angkatan 2014)
ABDUL ROHMAN                           (NIM. 43214110379       Angkatan 2014)
ASIH DWI UTAMI                           (NIM. 46113120050       Angkatan 2013)


UNIVERSITAS MERCUBUANA
JAKARTA
2015


PENGESAHAN USULAN PKM KEWIRAUSAHAAN
1. Judul Kegiatan                                            : Jas Hujan FL
2. Bidang Kegiatan                                         : PKMK
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap                                            : Yusri Chanif Nazarudin
b. NIM                                                            : 41613110054
c. Jurusan                                                        : S1 Pendidikan Teknik Industri
d. Universitas/Institut/Politeknik                    : Universitas Mercubuana
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP                  : Jl. Halim Perdana Kusuma No.12 Rt.04/04
                                                                          Kec.Batuceper Kel. Batuceper Tangerang
                                                                          Banten 15121 088213046039/083898399919 
 f. Alamat email                                              : yusrichanifnazarudin14@gmail.com
4. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis         : 4 orang
5. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar               :
b. NIDN                                              :
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP      :
6. Biaya Kegiatan Total
a. Dikti                                                            : Rp 11.999.000
b. Sumber lain                                                 : Rp  -
7. Jangka Waktu Pelaksanaan                         : 3 Bulan
                     Menyetujui,                                                                Tangerang, Maret 2015
 Ketua Bidang Studi Teknik Indusrti                                          Ketua Pelaksanaan Kegiatan



   (Muhammad Kholil, ST,MT)                                                 (Yusri Chanif Nazarudin )
     NIP/NIK.                                                                                      NIM. 4161311054
    Direktur Kemahasiswaan                                                                 Dosen Pembimbing



   (_______________________)                                                  (_______________________)
    NIP/NIK.                                                                                 NIP/NIK

A.JUDUL PROGRAM
            “Jas Hujan FL”.
B. LATAR BELAKANG MASALAH
Pada dasarnya semua tipe dan merk jas hujan sama tujuannya, yaitu agar tidak tembus air. Namun Semua Produk memiliki bahan yang berbeda-beda, ada yang terbuat dari plastik, parasut silicon serta pencampuran dari berbagai macam bahan. Cara pembuatan jas hujan juga ada berbagai cara, ada yang di press, serta ada yang di jahit. Namun Kelemahan masing masing cara pembuatan selalu ada, seperti pada pembuatan yang dengan cara di pressan dapat terjadi pressan yang kurang sempurna yang dapat menyebabkan pressan lepas.
Dan apabila sehabis pemakaian langsung disimpan dan lama tidak digunakan maka dapat menyebabkan jas hujan menempel yang dapat mengakibatkan robek apabila dipaksa terlepas. Sedangkan apabila yang cara pembuatannya menggunakan jahitan/ dijahit, kelemahannya adalah masuknya air melalui cela-cela benang yang pada saat pembuatan ditusuk oleh jarum yang membuat bahan jadi sedikit berlubang, dan memberi kesempatan air masuk. 
Berbagai cara pun telah dilakukan seperti menambahkan penutup atau lapisan lagi pada bagian yang telah di jahit. Namun lapisan dapat mudah terlepas. Apabila lapisan jahitan tadi sudah mulai terlepas maka dengan mudah air akan masuk kembali. Kejadian diatas tadi dapat dihindari apa bila kita dapat merawatnya dengan baik.
Peningkatan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia dalam beberapa tahun ini relatif meningkat. Pertambahan jumlah kendaraan bermotor dewasa ini dapat diprediksi karena tingkat pertumbuhan perekonomian bangsa ini yang cukup stabil. Selain itu tingkat permintaan yang cukup tinggi dari masyarakat, terutama jenis kendaraan roda dua. Motor menjadi alternatif masyarakat sebagai sarana transportasi, terutama yang terjadi di kota-kota besar seperti di Jakarta sebagai solusi akan masalah kemacetan yang ada. Faktor lain karena mudahnya masyarakat mengakses fasilitas sistem cicil dalam pembayaran kendaraan (kredit) yang diberikan oleh perusahaan jasa kredit kendaraan (Leasing Finance) untuk dapat memiliki sebuah kendaraan roda dua. Hal tersebut jelas menambah volume jenis kendaraan roda dua yang terjadi saat ini. 
Melihat  tren volume kendaraan yang semakin tahun semakin meningkat dengan peningkatan yang bervariasi. Hal ini sangat berpengaruh positif terhadap pangsa pasar Jas Hujan FL (flexible) karena target utama pasarnya adalah pengguna sepeda motor. Dengan bertambahnya jumlah kendaraan roda dua, berarti bertambah pula pemakai kendaraan ini yang berarti semakin luas pangsa pasar yang bisa dijadikan sasaran produk ini. Pada wilayah Jabodetabek, khususnya di DKI Jakarta sendiri, tren peningkatan volume kendaraan roda dua juga mengalami kenaikan yang cukup fantastis. Kami mencatat data sepanjang tahun 2007, pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor roda dua di DKI Jakartaadalah sebesar 14,61 persen. Jenis kendaraan tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu (2006) yaitu sebesar 12,98 persen (http://metro.vivanews.com/news/read/9762-data_jumlah_kendaraan_1). Pada redaksi yang berbeda juga merilis jumlah kendaraan roda duadi DKI Jakarta pada tahun 2010 sebesar 8.244.346 unit (http://unic77.info/tahun-2011-lalu-lintas-jakarta-lumpuh-total.html). Dengan demikian pangsa pasar Jas Hujan FL (flexible) sangatlah terbuka luasbaik di Jabodetabek maupun di seluruh Indonesia. Selain itu, kami juga telah melakukan survey kepada 100 pengendara sepeda motor diDKI Jakarta pada bulan Mei 2011, diperoleh data bahwa ada 86 % pengendara sepeda motor belum memiliki jas hujan  dan 42 % nya berniat membeli. Dari survey ini tentunya dapatdikatakan mampu mewakili sebagian besar pengendara roda dua di DKI Jakarta dan dapatditarik kesimpulan bahwa prospek pasar jas hujan sangat potensial. Hal tersebut juga akan bisa dikembangkan lebih massif apabila didukung dengan sistem promosi dan sosialisai yang intensif,karena menurut survey kami dari 100 pengendara sepeda motor di DKI Jakarta ada 78 % pengendara yang belum tahu akan adanya produk jas hujan dalam bentuk tas. Faktor lain yang mempengaruhi gagasan atas produk jas hujan yaitu iklim Indonesia yangtropis dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi. 
Dengan intensitas curah hujan yangcukup tinggi berarti akan mampu mendongkrak kapasitas penjualan jas hujan ke pasar. Produk jas hujan FL diharapkan akan memberikan sebuah solusi baru di masyarakat untuk menangani kebasahan pada konsumen dan memberikan satu alternatif sebagai pengembanganSafety Rider di saat hujan. Berdasarkan analisis di atas, produk jas hujan sangat potensial untuk dipasarkan danterbuka luas pangsa pasar yang ada serta dapat membantu konsumen dalam berkendara di saat hujan. Selain itu jas hujan menjadi salah satu aksesoris berkendara yang bermutu, ekonomis dan fashionable karena didukung dengan berbagai motif dan tahan terhadap air.  kami juga berusaha akan mengembangkan motifkontemporer yang sedang berkembang di masyarakat, misalnya motif wajah pribadi(pengendara), motif wajah artis, motif nama pribadi dan lain sebagainya (tentunya harus sesuai dengan perhitungan ongkos produksi). 
C. RUMUSAN MASALAH
            Rumusan masalah yang akan dipecahkan melalui program ini pada dasarnya tidak lepas dari ruang lingkup permasalahan di atas, yaitu :
1.      Bagaimana menghasilkan produk jas hujan yang berguna serta mempunyai manfaat untuk kehidupan sehari-hari?
2.      Bagaimana memasarkan produk seraca efektif, efisien serta mencapai target pasar?
3.      Bagaimana menghadapi persaingan terhadap produsen yang menghasilkan produk yang serupa?
4.      Terdapat manfaat lain dari mendirikan sebuah usaha jas hujan fl untuk masyarakat sekitar.
5.      Apa target program yang ingin dilakukan jika target pasar tercapai dan terpenuhi?


D. TUJUAN PROGRAM
1.      Menghasilkan produk yang kreatif dengan inovasi yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan setiap manusia.
2.      Memasarkan produk  dengan menggunakan metode modern, sehingga produk mencapai target yang ingin dicapai.
3.      Melakukan kerjasama dengan UKM lain untuk membantu menyediakan bahan baku hingga proses bahan jadi sehingga UKM lain sejahtera.
4.      Mencoba mengatasi penganguran dengan berwirausaha.
5.      Melakukan ekspansi usaha dari mengembangkan produk baru hingga membuka toko offline.
E. LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran yang diharapkan dari pelaksanaan program ini adalah suatu produk jas hujan yang fleksibel, mudah untuk ditempatkan dan dibawa kemana saja dengan cara kreatif dan inovasi yang baru untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia. Selain itu, produk bisa menjadi trendsetter baru dalam dunia industri kreatif dengan selalu menciptakan inovasi-inovasi yang baru.

F. KEGUNAAN PROGRAM
Dengan adanya program kewirausahaan “Jas Hujan FL”, maka kegunaan program ini adalah:
1.      Membuka inovasi baru khususnya dunia industri kreatif yang mulai banyak dilirik oleh para wirausahawan.
2.      Menghasilkan produk yang tidak sekedar menjual produk tetapi lebih menekankan untuk memberikan kualitas terhadap produk itu.
3.      Menambah jaringan usaha dengan sesama wirausahawan maupun UKM.
4.      Mampu menyerap banyak tenaga kerja sehingga mampu mengurangi tingkat penganguran di Indonesia yang semakin meningkat dari waktu ke waktu dan juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Wilayah pemasaran yang akan kami jadikan sasaran adalah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ( Jabodetabek ). Namun untuk langkah awal, kami akan intensif di wilayah DKI Jakarta. Alasan yang sangat logis adalah pengendara roda dua di Ibu Kota jelas lebih besar dibandingkan keempat wilayah lainnya, yang kedua yaitu rencana tempat produksi jas hujan FL ini yang berada di Jakarta. Dengan demikian proses distribusi dan jalannya arus barang akan lebih mudah dan efesien sebagai tindakan awal dalam mendistribusikan jas hujan ini
Sasaran Pembeli (Konsumen) Kami akan membidik sasaran konsumen 100 persen pengendara roda dua untuk semua kalangan dan profesi. Selain itu mempertimbangkan dari data survey yang telah kami lakukan dari 100 pengendara roda dua di DKI Jakarta, bahwa ada 68 % pengendara roda dua mengendarai dengan menggunakan jas hujan , 29 % lainnya tidak menggunakan jas hujan, 2 % tidak tahu serta 1 % tidak menjawab. Melihat data di atas artinya bahwa target konsumen ada sekitar 90 % lebih dari pengedara roda dua yang bisa ditindaklanjuti yaitu 68 % berkendara dengan sepatu dan 29 % tidak dengan sepatu. Jadi nantinya produk jas hujan dapat membidik sekitar 20 % lebih dari yang tidak menggunakan jas hujan, karena jas hujan juga dapat berfungsi sebagai mantel untuk melindungi tubuh. Jadi ada peluang target konsumen yang sangat besar untuk memasarkan produk jas hujan FL (flexible) ini.
  • Dengan demikian jumlah kebutuhan akan sangat berpengaruh terhadap jumlah permintaan, dan untuk meningkatkan jumlah permintaan haruslah diimbangi dengan proses promosi dan sosialisasi yang intensif.
  • Permintaan Pasar Dari data survey yang telah kami lakukan sebenarnya permintaan pasar Mantu cukup signifikan, hal ini terlihat dari 100 pengendara di DKI Jakarta ada sekitar 42 % berminat untuk membeli. Faktor yang sangat berpengaruh sekali terhadap permintaan karena masih sangat besar pengendara yang belum mengetahui adanya produk jenis ini di pasaran, yaitu sekitar 86 %. Dengan demikian kami memprediksi bahwa dengan adanya produk Mantu yang diimbangi dengan promosi dan sosialisasi yang intensif maka kecenderungan permintaan pasar akan semakin meningkat setiap tahunnya, selain itu tren pertambahan jenis kendaraan roda dua yang semakin tahun semakin bertambah akan mempengaruhi pula permintaan produk ini di pasaran.
  •  Penawaran Penawaran yang telah dilakukan oleh jenis produk ini yang telah ada dipasaran yang telah kami riset di internet ada sekitar 2 – 3 produk yang berbeda, akan tetapi produk tersebut masih sangat jarang beredar di Jakarta. Data yang kami peroleh yaitu dari sekitar 20 toko aksesoris motor yang ada di Jakarta Barat, hanya terdapat 2 toko yang menyediakan jas hujan FL (dalam bentuk tas), artinya produk ini masih sangat jarang dipasarkan di Jakarta sendiri. selain itu produk tersebut juga masih sangat jarang di toko-toko konvensional di Jakarta.
  • Untuk  jas hujan FL (flexible) ukuran yang kami tawarkan adalah M, L, XL dan XXL, selain itu bahan yang digunakan adalah bahan parasut atau sama seperti bahan yang digunakan untuk jas hujan biasa. Untuk model sendiri “Jas hujan” menawarkan motif corak bergaris dan dilengkapi dengan perekat di ujung atasnya selain itu tidak monoton dan kaku.
  •  Harga untuk jas hujan di pasaran sangatlah bervariatif. Pasaran harga tersebut biasanya tergantung dari banyaknya pemesanan, semakin banyak memesan berartisemakin rendah harga yang ditawarkan. Untuk cara pembayaran yang banyak dilakukan oleh kompetitor adalah denganmentransfer uang melalui rekening pemilik produk, selain itu syarat pembayaran yangditetapkan adalah 100% lunas, kemudian produk dapat dikirim ke pembeli. Promosi Promosi yang dilakukan oleh beberapa kompetitor dalam memasarkan produk iniadalah dengan mengupayakan media internet, diantaranya; iklan baris gratis, membuat tokoonline, membuat blog, promosi dengan jejaring sosial (facebook, twitter, frendster dsb),membuat account di web-web terkenal seperti Kaskus.com, TokoBagus.com, Alibaba.com dan membuat komunitas pengguna internet. Selain itu untuk untuk pemasaran offline kebanyakan dari kompetitor membuka banyakagent atau distributor produk dengan menawarkan sistem kerjasama keagenan yang menawarkan harga lebih rendah dengan pemesanan produk yang banyak, serta mendekati ke banyak perusahaan yang bergerak di bidang otomotif (khususnya motor).Komunitaskhusus pengendara motor di internet dengan mengusung tema Safety Rider serta listing produkdi berbagai blog penyedia portal suatu produk. Selain itu, target pasar kami yang utama ialah untuk memenuhi permintaan daridistributor - distributor besar dan eceran yang berlokasi di Jabodetabek, dan jugapemenuhan pesanan yang datang langsung kepada kami.Kami membagi segmen pasar menjadi 5 kelompok yaitu : Ø Kalangan perorangan (personal). Ø Distributor atau agent. Ø Komunitas pengendara. Ø Bekerjasama dengan perusahaan otomotif (khususnya motor). Ø Kalangan umum yang membutuhkan.
  • Strategi Pemasaran jas hujan FL (flexible). Produk ini di design dan di buat se-fashionable mungkin, dengan berbagai warna dan motif yang menarik. Rencana motif yang akan diproduksi adalah sesuai dengan pemesanan.
  • Syarat pembayaran yang akan dilakukan adalah sebagai berikut; Ø Untuk pasar perorangan dan eceran : Tunai 100% Ø Untuk distributor : Tunai 50% sebelum produk dikirim dan 50% setelah dikirim Cara pembayarannya adalah dengan cara cash maupun transfer via bank. Selain itupemotongan harga sebesar 10% dari harga jual untuk distributor yang memesan produk denganjumlah di atas 20 pasang atau lebih.
  • Aspek Produksi
Produk  jas hujan ini khusus  dirancang dengan design yangelegant serta fashionable. Ciri utama produk ini adalah setiap motif yang kami buat sesuai dengan pesanan konsumen. Jadi jas hujan FL ini dirancang dengan tingkat kenyamanan tinggi untuk pengguna sepeda motor disaathujan. Kegunaan utama produk ini adalah melindungi tubuh dari air hujan pada saat berkendara rodadua. Selain itu, produk ini dapat dimanfaatkan sebagaipenangkal air yang elegant serta nyaman dipakai saat berkendara.
Persiapan Tata Letak Ruangan yang diperlukan untuk proses produksi tidaklah luas, kami memperkirakan luas areasebagai tempat produksi seluas 15 m². Dengan are seluas 15 m² tersebut memungkinkan untuk 1buah mesin jahit dan tempat penyimpanan produk jadi. Begitu juga sebagai penyimpanan bahanbaku produksi. Rencana area yang akan kami gunakan adalah rumah milik kami sendiri. Pemenuhan Bahan Baku  yang diperlukan dalam memproduksi jas hujan FL ini dirasa cukup memadai, hal ini karena bahan baku mudah di dapat.  
ADAPUN CARA MERAWAT JAS HUJAN ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
1.      Apabila telah di pakai dan jas hujan basah jangan langsung di lipat dan di simpan, keringkan terlebih dahulu baru disimpan.
2.      Apabila jas hujan kotor jangan mencucinya dengan diterjen karena akan merusak pori2 dari jas hujan yang akan membuat jas hujan anda menjadi tembus oleh air.
3.      Kalau ingin membersihkan cukup hanya dengan lap basah atau dibersihkan di bagian yang kotor saja.

KEUNGGULAN JAS HUJAN FL (FLEXIBLE) :
1.      Dijamin tidak Tembus air, sudah terbukti !!! Bahan berlapis 2 dan pada bahan yang pertama jahitannya diberi lapisan lagi agar air tidak dapat masuk dan lapisan jahitan ini tidak mudah terkelupas seperti pada merk lain. lapisan kedua berfungsi untuk menjaga agar lapisan yang menutupi jahitan tidak mudah terkelupas. Serta menjaga kenyamanan pemakai agar bahan yang menyentuh kulit adalah bahan pada lapisan yang ke dua yang halus dan lembut.
2.      Tidak mudah robek karena kekuatannya bahan yang dibuat tidak mudah robek.
3.      Jas hujan ini tahan lama sehingga kalau sudah bosan dapat di wariskan ke anggota keluarga lain yang lebih membutuhkan.
4.      Dilengkapi Stripping yang memberikan kenyamanan pada saat mengandarai pada malam hari.
5.      Penutup kepala dapat di sembunyikan apabila tidak ingin digunakan
6.      Dapat di pakai harian walau tidak hujan karena bahan tidak panas.
Harga: type 92 terdiri dari baju dan celana Rp155.000 sudah 1 set.
Kalau beli lebih dari 5 harga Rp135.000. Warna Hitam dan biru
Hub:

PERBANDINGAN DENGAN JAS HUJAN LAIN
·         Jas hujan yang terbuat dari plastik mudah robek, tidak tahan lama kurang styles.
·         Jas hujan yang biasa alias murahan, kalau hujannya lama tembus air juga tuh, apa lagi dengan bahan yang tipis akan membuat mudah robek, kalau bahannya tebal akan membuat kaku pada saat disimpan dan akan lebih mudah robek jika tersangkut otomatis tidak dapat di pakai lagi.
·         Jas hujan yang terbuat dari karet itu emang gak tembus air, tapi bahannya panas dan gerah, membuat anda tidak nyaman memakainnya. kalau terlalu lama disimpan jas hujan akan menempel kalau di paksa dapat mengakibatkan jas hujan robek.
·         Jas hujan tanpa jahitan (pressan) jas hujan ini memang tidak tembus air, tapi pressan tidak dapat tahan lama dan akan rusak dan robek. Jas hujan parasut berlapis silicon pertama-tama pemakaian memang tidak tembus air, akan tetapi lama kelamaan karena lapisan yang menutupi jahitan akan mengelupas sampai terlepas, hal ini yang menyebabkan jas hujan tembus air.

H. METODE PELAKSANAAN PROGRAM
Metode pengembangan yang akan dilaksanakan merupakan sebuah rangkaian tahapan yang disusun secara sistematis, diantaranya :
1.      Mengidentifikasi Masalah
Masalah utama yang menjadi dasar dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah dibutuhkannya jas hujan terutama kaum urban yang merasa membawa jas hujan ribet dan merepotkan maka kita membuat produk yang simple dan fleksibel untuk memanfaatkannya menjadi sesuatu yang berguna dan dapat menghasilkan profit.
2.      Menentukan Logo, Visi dan Misi
Logo sudah seharusnya memiliki fungsi yang praktis dan tepat guna atau efisien. Setiap perusahaan yang telah memiliki ide bisnis yang jelas beserta dengan
kelengkapan visi dan misinya haruslah diejawantahkan kedalam bentuk logo sebagai bagian dari program marketing dan branding dari perusahaan tersebut.


Apabila dibandingkan atau dianalogikan dengan sebuah negara maka logo perusahaan adalah lambang negara, dimana sebagai contoh di Indonesia maka pancasila adalah lambang negara sekaligus logo dari bangsa dan negara kita tercinta ini. Dari contoh analogi diatas maka sudah sangatlah jelas bahwa logo adalah representasi dari ideologi organisasi entah apapun bentuknya mulai dari tingkatan yang terbesar seperti negara, provinsi, kabupaten, kecamatan, keluharan, desa adat hingga RT/RW maka begitu juga apabila kita ingin mendirikan sebuah perusahaan dan bisnis yang bonafid.

Filosofi dari logo diatas adalah dimana terdapat tulisan “FL” yang dimana “L” terbalik dan membentuk balok bisa diartikan bahwa jas hujan FL merupakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat secara kesatuan dan juga terdapat gambar mahkota yang dapat diartikan bahwa jas hujan FL ingin menjadi raja khususnya di pasar jas hujan.
3.      Menganalisis Kebutuhan Masyarakat
Menganilisis kebutuhan apa yang dinginkan ataupun yang dibutuhkan masyarakat merupakan hal yang wajib  karena jika produk itu sudah menjadi kebutuhan masyarakat maka produk tidak usah payah untuk dipromosikan karena masyarakat yang akan mencari produk tersebut.
4.      Bekerjasama Dengan UKM
Kami berencana untuk bekerjasama dengan UKM untuk menghasilkan produk kami, bekerjasama dengan UKM merupakan visi dan misi kami karena dengan bekerjasama antar UKM maka aka nada kesejahteraan antar UKM yang dimana merupakan keuntungan sendiri bagi masyarakat untuk mengurangi pengangguran dan menciptakan lapangan kerja.
5.      Perancangan dan Pelaksanaan Pemasaran
Setelah produk jas hujan berhasil diproduksi maka diperlukan metode untuk memasarkannya agar diperoleh hasil yang memuaskan bagi produsennya. Banyak sekali cara yang dapat ditempuh dalam rangka memasarkan produk diantaranya dengan mempromosikan produk melalui selebaran atau dengan menitipkan produk ditoko atau warung atau juga dapat membuka stand pada suatu event tertentu dengan tujuan memperkenalkan produk ini, Cara baru yang sekarang sedang marak digunakan adalah memasarkan produk dengan media internet yaitu melalui online

Diagram Alur Pemasaran yang akan digunakan
Penjelasan Alur Pemasaran yang akan digunakan
Ø  Social Media   : Penggunaan sosial media di zaman modern ini sangatlah pesat dan juga merupakan pasar tersendiri untuk wirausahawan khususnya online / e-commerce selain itu juga prosesnya yang mudah dan tidak mengeluarkan biaya.
Ø  Website           : Berfungsi sebagai rumah dari produk itu sendiri karena tidak bisa bergantung terhadap social media, ini merupakan keuntungan tersendiri dari wirausahawan.
Ø  Paid Ads         : Jenis pemasaran ini efektif untuk menggiring konsumen khususnya social media ke website yang sifatnya up to date dan tepat sasaran terhadap target pasar yang ingin dicapai
Ø  Search Ads      : Penggunaan search Ads merupakan pemasaran dengan membutuhkan biaya yang besar karena tingkat pemasaran mencangkup segala hal. Sebagai hal jika kita mencari atau menuliskan sepatu di Search Ads maka akan terdapat tampilan beberapa produk sepatu
6.      Pengamatan Pemasaran
Setelah beberapa cara atau metode pemasaran dilakukan kemudian diperlukan aktifitas pengamatan terhadap metode tersebut dengan harapan dapat ditemukannya metode yang lebih tepat dalam proses pemasarannya dan juga agar dapat diketahui peluang – peluang baru yang dapat di akses sehingga didapatkan hasil yang sangat memuaskan dari proses pemasaran ini.
7.      Evaluasi Hasil Pemasaran Produk Serta Ekspansi Produk
Evaluasi dapat dilakukan dengan tujuan untuk mencari kelebihan dan kelemahan metode pemasaran yang dipakai dan untuk mengetahui apakah produk cemilan ini pemasarannya mengalami kemajuan atau mengalamai kemunduran dan hal ini dapat dilihat dari jumlah produk yang terjual dipasaran.
8.      Kesimpulan Program
Setelah beberapa alur metode dilakukan maka tinggal diambil kesimpulan dari seluruh kegiatan pembuatan cemilan dari nasi sisa ini yaitu apakah produk cemilan nasi sisa yang dibuat mendapat tanggapan baik dari masyarakat dan juga dari pasar. Kemudian apakah produksi masih bisa dilanjutkan atau tidak dengan melihat evaluasi yang telah dilakukan sebelumnya.










Diagram alur kegiatan

















Text Box: Mengidentifikasi Masalah






Text Box: Menentukan Logo, Visi dan Misi






Text Box: Menganalisis Kebutuhan Masyarakat






Text Box: Bekerjasama Dengan UKM






Text Box: Perancangan dan Pelaksanaan Pemasaran






Text Box: Pengamatan Pemasaran





Text Box: Evaluasi Hasil Pemasaran Produk Serta Ekspansi Produk






Text Box: Kesimpulan Program
 














I.                   JADWAL PROGRAM

No
Kegiatan Program
Bulan Ke-1
Bulan Ke-2
Bulan Ke-3
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Mengidentifikasi Masalah












2
Menentukan Logo, Visi dan Misi












3
Menganalisis Kebutuhan Masyarakat












4
Bekerjasama Dengan UKM












5
Perancangan dan Pelaksanaan Pemasaran












6
Pengamatan Pemasaran












7
Evaluasi Hasil Pemasaran Produk Serta Ekspansi Produk












8
Kesimpulan












Tabel 1.





J. RANCANGAN BIAYA
Rancangan biaya yang digunakan dalam PKMK ini dengan rincian sebagai berikut:
no
Uraian
Volume
Satuan
Jumlah
Biaya Bahan Baku
1
waterproof polyester
25 Meter
Rp. 55.000
Rp. 1.375.000
2
Dry Denim
15 Meter
Rp. 50. 000
Rp. 750.000
3
Zipper YKK
5 Meter
Rp. 10.000
Rp. 50.000
4
Bordiran
12 Buah
Rp. 15.000
Rp. 180.000
5
Polyurethane Polyster
25 Meter
Rp. 44.000
Rp. 1.100.000
6
Sablon
12 Buah
Rp. 7000
Rp. 84.000
7
Kancing
1 Paket
Rp. 25.000
Rp. 25.000
8
Karet Jaket
1 Paket
Rp. 35.000
Rp. 35.000
9
Benang
10 Buah
Rp. 20.000
Rp. 200.000
10
Aksesoris
-
-
Rp. 125.000
11
Jasa Jahit
-
-
Rp. 2.000.000
Jumlah Biaya Bahan Baku
Rp. 5.924.000
Biaya Pemasaran
1
Facebook Ads
750 Klik
Rp. 7.500
Rp. 5.625.000
2
Domain Web
-
-
Rp. 150.000
3
Jasa Web
-
-
Rp. 300.000
Jumalah Biaya Pemasaran
Rp. 6.075.000

Jadi Biaya diatas merupakan perkiraan harga untuk 1 lusin produksi jas hujan dengan rincian jumlah biaya bahan baku dan jumlah biaya pemasaran sebesar Rp. 11.999.000 ( Sebelas Juta Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu Rupiah )



Lampiran 1
Daftar Biodata Ketua dan Anggota Kelompok serta Dosen Pembimbing
1.      Ketua Pelaksana Kegiatan
a.       Nama Lengkap            : Yusri Chanif Nazarudin
b.      Nim                             : 41613110054
c.       TTL                             : Tangerang, 28 Mei 1995
d.      Angkatan                    : 2013
e.       Fak / Jurusan               : Fakultas Teknik / Teknik Industri
f.       Perguruan Tinggi         : Universitas Mercu Buana
g.      Alamat Asal                : Jl Halim Perdana Kusuma no. 12 RT 04 RW 04 Kec.
Batuceper Kel. Batuceper Kota Tangerang Banten Kodepos 15121
h.      Email                           : yusrichanifnazarudin14@gmail.com
i.        No. Hp                                    : 083898399919
j.        Waktu Kegiatan          : -
2.      Anggota Pelaksana
Anggota 1
a.       Nama Lengkap                  : Asih Dwi Utami
b.      Nim                                   : 46113120050
c.       TTL                                   : Tangerang, 05 juni 1994
d.      Angkatan                          : 2013
e.       Fak / Jurusan                     : Psikologi
f.       Perguruan Tinggi               : Universitas Mercu Buana
g.      Alamat Asal                      : Gg.Mushollah Rt 006/03 no44 pabuaran barat
kelurahan pondok karya kecamatan pondok aren
Tangerang selatan kode pos 15225
h.      Email                                 : asihdwiutami76@yahoo.com
i.        No. Hp                              : 081283939774
j.        Waktu Kegiatan                : -




3.      Anggota Pelaksana
Anggota 2
a.       Nama Lengkap                  : Mohammad Rifa’I Azhar
b.      Nim                                   : 41613110056
c.       TTL                                   : Tangerang, 18 Juni 1995
d.      Angkatan                          : 2013
e.       Fak / Jurusan                     : Teknik / Teknik Industri
f.       Perguruan Tinggi               : Universitas Mercu Buana
g.      Alamat Asal                      : Kp. Gebang Raya , RT. 02/02 No. 61
Kel. Gebang Raya Kec. Sangiang
Kota Tangerang
h.      Email                                 : mrifai.azhar@gmail.com
i.        No. Hp                              : 083893876750
j.        Waktu Kegiatan                : -
4.      Anggota Pelaksana
Anggota 3
a.       Nama Lengkap                  : Firmansyah
b.      Nim                                   : 43214110358
c.       TTL                                   : Jakarta, 16 Januari 1989
d.      Angkatan                          : 2014
e.       Fak / Jurusan                     : Fakultas Ekonomi & Bisnis / Akuntansi
f.       Perguruan Tinggi               : Universitas Mercu Buana
g.      Alamat Asal                      : Jl. H. Kelik No. 84 RT. 004 RW. 08
Kel. Kelapa Dua Kec. Kebon Jeruk Jakarta Barat
Kode Pos 11550
h.      Email                                 : firmansyah.akuntan83@gmail.com
i.        No. Hp                              : 0857.1451.5523
j.        Waktu Kegiatan                : -
5.      Anggota Pelaksana
Anggota 4
a.       Nama Lengkap                  : Abdul Rohman
b.      Nim                                   : 43214110379
c.       TTL                                   : Jakarta,27 Mei 1996
d.      Angkatan                          : 2014
e.       Fak / Jurusan                     : Fakultas Ekonomi & Bisnis / Akuntansi
f.       Perguruan Tinggi               : Universitas Mercu Buana
g.      Alamat Asal                      : Jl.H.Rausin gg kayu manis Rt 005 Rw 08 No 58
Kel. Kelapa Dua Kec. Kebon Jeruk Jakarta Barat
h.      Email                                 : abdrohman0527@gmail.com
i.        No. Hp                              : 085780686326
j.        Waktu Kegiatan                : -
Pengesahan Tim PKM Kewirausahawan “ Jas Hujan FL”
Anggota 4,                                                                                          Anggota 3,


        Abdul Rohman                                                                                      Firmansyah
Nim: 43214110379                                                                             Nim: 43214110358

Anggota 2,                                                                                          Anggota 1,


        M. Rifa’I Azhar                                                                                 Asih Dwi Utami
Nim: 41613110056                                                                             Nim: 46113120050
    Dosen Pedamping,                                                                                Ketua Pelaksana,


                                                                                                             Yusri Chanif Nazarudin
Nik:                                                                                                     Nim: 41613110054

Tidak ada komentar:

Posting Komentar