USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM
BIDANG KEGIATAN:
PKM KEWIRAUSAHAWAN
Diusulkan oleh:
YUSRI CHANIF NAZARUDIN (NIM:41613110054 Angkatan 2013)
YUSRI CHANIF NAZARUDIN (NIM:41613110054 Angkatan 2013)
M. RIFAI AZHAR (NIM.41613110056 Angkatan 2013)
FIRMANSYAH (NIM.
43214110358 Angkatan 2014)
ABDUL ROHMAN (NIM.
43214110379 Angkatan 2014)
ASIH DWI UTAMI (NIM. 46113120050 Angkatan 2013)
UNIVERSITAS MERCUBUANA
JAKARTA
2015
PENGESAHAN USULAN PKM KEWIRAUSAHAAN
1. Judul
Kegiatan :
Jas Hujan FL
2.
Bidang Kegiatan :
PKMK
3.
Ketua Pelaksana Kegiatan
a.
Nama Lengkap :
Yusri Chanif Nazarudin
b.
NIM :
41613110054
c.
Jurusan :
S1 Pendidikan Teknik Industri
d.
Universitas/Institut/Politeknik :
Universitas Mercubuana
e.
Alamat Rumah dan No Tel./HP :
Jl. Halim Perdana Kusuma No.12 Rt.04/04
Kec.Batuceper Kel. Batuceper Tangerang
Banten 15121 088213046039/083898399919
f. Alamat email :
yusrichanifnazarudin14@gmail.com
4.
Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis :
4 orang
5.
Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar :
b. NIDN :
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP :
6.
Biaya Kegiatan Total
a.
Dikti :
Rp 11.999.000
b.
Sumber lain : Rp -
7.
Jangka Waktu Pelaksanaan :
3 Bulan
Menyetujui,
Tangerang, Maret 2015
Ketua Bidang Studi Teknik Indusrti Ketua Pelaksanaan
Kegiatan
NIP/NIK. NIM. 4161311054
Direktur Kemahasiswaan
Dosen Pembimbing
(_______________________) (_______________________)
NIP/NIK. NIP/NIK
A.JUDUL PROGRAM
“Jas Hujan FL”.
B. LATAR BELAKANG
MASALAH
Pada dasarnya semua tipe dan merk jas hujan sama tujuannya,
yaitu agar tidak tembus air. Namun Semua Produk memiliki bahan yang
berbeda-beda, ada yang terbuat dari plastik, parasut silicon serta pencampuran
dari berbagai macam bahan. Cara pembuatan jas hujan juga ada berbagai cara, ada
yang di press, serta ada yang di jahit. Namun Kelemahan masing masing cara
pembuatan selalu ada, seperti pada pembuatan yang dengan cara di pressan dapat
terjadi pressan yang kurang sempurna yang dapat menyebabkan pressan lepas.
Dan apabila sehabis pemakaian langsung disimpan dan lama
tidak digunakan maka dapat menyebabkan jas hujan menempel yang dapat
mengakibatkan robek apabila dipaksa terlepas. Sedangkan apabila yang cara
pembuatannya menggunakan jahitan/ dijahit, kelemahannya adalah masuknya air
melalui cela-cela benang yang pada saat pembuatan ditusuk oleh jarum yang
membuat bahan jadi sedikit berlubang, dan memberi kesempatan air masuk.
Berbagai cara pun telah dilakukan seperti menambahkan
penutup atau lapisan lagi pada bagian yang telah di jahit. Namun lapisan dapat
mudah terlepas. Apabila lapisan jahitan tadi sudah mulai terlepas maka dengan
mudah air akan masuk kembali. Kejadian diatas tadi dapat dihindari apa bila kita dapat merawatnya dengan
baik.
Peningkatan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia dalam
beberapa tahun ini relatif meningkat. Pertambahan jumlah kendaraan bermotor
dewasa ini dapat diprediksi karena tingkat pertumbuhan perekonomian bangsa ini
yang cukup stabil. Selain itu tingkat permintaan yang cukup tinggi dari
masyarakat, terutama jenis kendaraan roda dua. Motor menjadi alternatif
masyarakat sebagai sarana transportasi, terutama yang terjadi di kota-kota
besar seperti di Jakarta sebagai solusi akan masalah kemacetan yang ada. Faktor
lain karena mudahnya masyarakat mengakses fasilitas sistem cicil dalam
pembayaran kendaraan (kredit) yang diberikan oleh perusahaan jasa kredit
kendaraan (Leasing Finance) untuk dapat memiliki sebuah kendaraan roda dua. Hal
tersebut jelas menambah volume jenis kendaraan roda dua yang terjadi saat ini.
Melihat tren volume
kendaraan yang semakin tahun semakin meningkat dengan peningkatan yang
bervariasi. Hal ini sangat berpengaruh positif terhadap pangsa pasar Jas Hujan
FL (flexible) karena target utama pasarnya adalah pengguna sepeda motor. Dengan
bertambahnya jumlah kendaraan roda dua, berarti bertambah pula pemakai
kendaraan ini yang berarti semakin luas pangsa pasar yang bisa dijadikan
sasaran produk ini. Pada wilayah Jabodetabek, khususnya di DKI Jakarta sendiri,
tren peningkatan volume kendaraan roda dua juga mengalami kenaikan yang cukup
fantastis. Kami mencatat data sepanjang tahun 2007, pertumbuhan jumlah
kendaraan bermotor roda dua di DKI Jakartaadalah sebesar 14,61 persen. Jenis
kendaraan tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu (2006) yaitu sebesar 12,98
persen (http://metro.vivanews.com/news/read/9762-data_jumlah_kendaraan_1). Pada
redaksi yang berbeda juga merilis jumlah kendaraan roda duadi DKI Jakarta pada
tahun 2010 sebesar 8.244.346 unit
(http://unic77.info/tahun-2011-lalu-lintas-jakarta-lumpuh-total.html). Dengan
demikian pangsa pasar Jas Hujan FL (flexible) sangatlah terbuka luasbaik di
Jabodetabek maupun di seluruh Indonesia. Selain itu, kami juga telah melakukan
survey kepada 100 pengendara sepeda motor diDKI Jakarta pada bulan Mei 2011,
diperoleh data bahwa ada 86 % pengendara sepeda motor belum memiliki jas hujan dan 42 % nya berniat membeli. Dari survey ini
tentunya dapatdikatakan mampu mewakili sebagian besar pengendara roda dua di
DKI Jakarta dan dapatditarik kesimpulan bahwa prospek pasar jas hujan sangat
potensial. Hal tersebut juga akan bisa dikembangkan lebih massif apabila
didukung dengan sistem promosi dan sosialisai yang intensif,karena menurut
survey kami dari 100 pengendara sepeda motor di DKI Jakarta ada 78 % pengendara
yang belum tahu akan adanya produk jas hujan dalam bentuk tas. Faktor lain yang
mempengaruhi gagasan atas produk jas hujan yaitu iklim Indonesia yangtropis
dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi.
Dengan intensitas curah hujan yangcukup tinggi berarti akan
mampu mendongkrak kapasitas penjualan jas hujan ke pasar. Produk jas hujan FL
diharapkan akan memberikan sebuah solusi baru di masyarakat untuk menangani
kebasahan pada konsumen dan memberikan satu alternatif sebagai
pengembanganSafety Rider di saat hujan. Berdasarkan analisis di atas, produk
jas hujan sangat potensial untuk dipasarkan danterbuka luas pangsa pasar yang
ada serta dapat membantu konsumen dalam berkendara di saat hujan. Selain itu
jas hujan menjadi salah satu aksesoris berkendara yang bermutu, ekonomis dan
fashionable karena didukung dengan berbagai motif dan tahan terhadap air. kami juga berusaha akan mengembangkan
motifkontemporer yang sedang berkembang di masyarakat, misalnya motif wajah
pribadi(pengendara), motif wajah artis, motif nama pribadi dan lain sebagainya
(tentunya harus sesuai dengan perhitungan ongkos produksi).
C. RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah
yang akan dipecahkan melalui program ini pada dasarnya tidak lepas dari ruang
lingkup permasalahan di atas, yaitu :
1. Bagaimana
menghasilkan produk jas hujan yang berguna serta mempunyai manfaat untuk
kehidupan sehari-hari?
2. Bagaimana
memasarkan produk seraca efektif, efisien serta mencapai target pasar?
3. Bagaimana
menghadapi persaingan terhadap produsen yang menghasilkan produk yang serupa?
4. Terdapat
manfaat lain dari mendirikan sebuah usaha jas hujan fl untuk masyarakat
sekitar.
5. Apa
target program yang ingin dilakukan jika target pasar tercapai dan terpenuhi?
D. TUJUAN PROGRAM
1.
Menghasilkan
produk yang kreatif dengan inovasi yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan
setiap manusia.
2.
Memasarkan
produk dengan menggunakan metode modern,
sehingga produk mencapai target yang ingin dicapai.
3.
Melakukan
kerjasama dengan UKM lain untuk membantu menyediakan bahan baku hingga proses
bahan jadi sehingga UKM lain sejahtera.
4. Mencoba
mengatasi penganguran dengan berwirausaha.
5. Melakukan
ekspansi usaha dari mengembangkan produk baru hingga membuka toko offline.
E. LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran yang diharapkan dari pelaksanaan program ini adalah suatu
produk jas hujan yang fleksibel, mudah untuk ditempatkan dan dibawa kemana saja
dengan cara kreatif dan inovasi yang baru untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
manusia. Selain itu, produk bisa menjadi trendsetter baru dalam dunia industri
kreatif dengan selalu menciptakan inovasi-inovasi yang baru.
F. KEGUNAAN PROGRAM
Dengan adanya program kewirausahaan “Jas Hujan FL”, maka
kegunaan program ini adalah:
1.
Membuka
inovasi baru khususnya dunia industri kreatif yang mulai banyak dilirik oleh
para wirausahawan.
2.
Menghasilkan
produk yang tidak sekedar menjual produk tetapi lebih menekankan untuk
memberikan kualitas terhadap produk itu.
3.
Menambah
jaringan usaha dengan sesama wirausahawan maupun UKM.
4.
Mampu menyerap
banyak tenaga kerja sehingga mampu mengurangi tingkat penganguran di Indonesia
yang semakin meningkat dari waktu ke waktu dan juga dapat meningkatkan taraf
hidup masyarakat Indonesia.
G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Wilayah pemasaran yang akan kami jadikan sasaran adalah DKI
Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ( Jabodetabek ). Namun untuk
langkah awal, kami akan intensif di wilayah DKI Jakarta. Alasan yang sangat
logis adalah pengendara roda dua di Ibu Kota jelas lebih besar dibandingkan
keempat wilayah lainnya, yang kedua yaitu rencana tempat produksi jas hujan FL
ini yang berada di Jakarta. Dengan demikian proses distribusi dan jalannya arus
barang akan lebih mudah dan efesien sebagai tindakan awal dalam
mendistribusikan jas hujan ini
Sasaran Pembeli (Konsumen) Kami akan membidik sasaran
konsumen 100 persen pengendara roda dua untuk semua kalangan dan profesi.
Selain itu mempertimbangkan dari data survey yang telah kami lakukan dari 100
pengendara roda dua di DKI Jakarta, bahwa ada 68 % pengendara roda dua mengendarai
dengan menggunakan jas hujan , 29 % lainnya tidak menggunakan jas hujan, 2 %
tidak tahu serta 1 % tidak menjawab. Melihat data di atas artinya bahwa target
konsumen ada sekitar 90 % lebih dari pengedara roda dua yang bisa ditindaklanjuti
yaitu 68 % berkendara dengan sepatu dan 29 % tidak dengan sepatu. Jadi nantinya
produk jas hujan dapat membidik sekitar 20 % lebih dari yang tidak menggunakan
jas hujan, karena jas hujan juga dapat berfungsi sebagai mantel untuk
melindungi tubuh. Jadi ada peluang target konsumen yang sangat besar untuk
memasarkan produk jas hujan FL (flexible) ini.
- Dengan demikian jumlah kebutuhan akan sangat berpengaruh terhadap jumlah permintaan, dan untuk meningkatkan jumlah permintaan haruslah diimbangi dengan proses promosi dan sosialisasi yang intensif.
- Permintaan Pasar Dari data survey yang telah kami lakukan sebenarnya permintaan pasar Mantu cukup signifikan, hal ini terlihat dari 100 pengendara di DKI Jakarta ada sekitar 42 % berminat untuk membeli. Faktor yang sangat berpengaruh sekali terhadap permintaan karena masih sangat besar pengendara yang belum mengetahui adanya produk jenis ini di pasaran, yaitu sekitar 86 %. Dengan demikian kami memprediksi bahwa dengan adanya produk Mantu yang diimbangi dengan promosi dan sosialisasi yang intensif maka kecenderungan permintaan pasar akan semakin meningkat setiap tahunnya, selain itu tren pertambahan jenis kendaraan roda dua yang semakin tahun semakin bertambah akan mempengaruhi pula permintaan produk ini di pasaran.
- Penawaran Penawaran yang telah dilakukan oleh jenis produk ini yang telah ada dipasaran yang telah kami riset di internet ada sekitar 2 – 3 produk yang berbeda, akan tetapi produk tersebut masih sangat jarang beredar di Jakarta. Data yang kami peroleh yaitu dari sekitar 20 toko aksesoris motor yang ada di Jakarta Barat, hanya terdapat 2 toko yang menyediakan jas hujan FL (dalam bentuk tas), artinya produk ini masih sangat jarang dipasarkan di Jakarta sendiri. selain itu produk tersebut juga masih sangat jarang di toko-toko konvensional di Jakarta.
- Untuk jas hujan FL (flexible) ukuran yang kami tawarkan adalah M, L, XL dan XXL, selain itu bahan yang digunakan adalah bahan parasut atau sama seperti bahan yang digunakan untuk jas hujan biasa. Untuk model sendiri “Jas hujan” menawarkan motif corak bergaris dan dilengkapi dengan perekat di ujung atasnya selain itu tidak monoton dan kaku.
- Harga untuk jas hujan di pasaran sangatlah bervariatif. Pasaran harga tersebut biasanya tergantung dari banyaknya pemesanan, semakin banyak memesan berartisemakin rendah harga yang ditawarkan. Untuk cara pembayaran yang banyak dilakukan oleh kompetitor adalah denganmentransfer uang melalui rekening pemilik produk, selain itu syarat pembayaran yangditetapkan adalah 100% lunas, kemudian produk dapat dikirim ke pembeli. Promosi Promosi yang dilakukan oleh beberapa kompetitor dalam memasarkan produk iniadalah dengan mengupayakan media internet, diantaranya; iklan baris gratis, membuat tokoonline, membuat blog, promosi dengan jejaring sosial (facebook, twitter, frendster dsb),membuat account di web-web terkenal seperti Kaskus.com, TokoBagus.com, Alibaba.com dan membuat komunitas pengguna internet. Selain itu untuk untuk pemasaran offline kebanyakan dari kompetitor membuka banyakagent atau distributor produk dengan menawarkan sistem kerjasama keagenan yang menawarkan harga lebih rendah dengan pemesanan produk yang banyak, serta mendekati ke banyak perusahaan yang bergerak di bidang otomotif (khususnya motor).Komunitaskhusus pengendara motor di internet dengan mengusung tema Safety Rider serta listing produkdi berbagai blog penyedia portal suatu produk. Selain itu, target pasar kami yang utama ialah untuk memenuhi permintaan daridistributor - distributor besar dan eceran yang berlokasi di Jabodetabek, dan jugapemenuhan pesanan yang datang langsung kepada kami.Kami membagi segmen pasar menjadi 5 kelompok yaitu : Ø Kalangan perorangan (personal). Ø Distributor atau agent. Ø Komunitas pengendara. Ø Bekerjasama dengan perusahaan otomotif (khususnya motor). Ø Kalangan umum yang membutuhkan.
- Strategi Pemasaran jas hujan FL (flexible). Produk ini di design dan di buat se-fashionable mungkin, dengan berbagai warna dan motif yang menarik. Rencana motif yang akan diproduksi adalah sesuai dengan pemesanan.
- Syarat pembayaran yang akan dilakukan adalah sebagai berikut; Ø Untuk pasar perorangan dan eceran : Tunai 100% Ø Untuk distributor : Tunai 50% sebelum produk dikirim dan 50% setelah dikirim Cara pembayarannya adalah dengan cara cash maupun transfer via bank. Selain itupemotongan harga sebesar 10% dari harga jual untuk distributor yang memesan produk denganjumlah di atas 20 pasang atau lebih.
- Aspek Produksi
Produk jas hujan ini
khusus dirancang dengan design
yangelegant serta fashionable. Ciri utama produk ini adalah setiap motif yang
kami buat sesuai dengan pesanan konsumen. Jadi jas hujan FL ini dirancang
dengan tingkat kenyamanan tinggi untuk pengguna sepeda motor disaathujan.
Kegunaan utama produk ini adalah melindungi tubuh dari air hujan pada saat
berkendara rodadua. Selain itu, produk ini dapat dimanfaatkan sebagaipenangkal
air yang elegant serta nyaman dipakai saat berkendara.
Persiapan Tata Letak Ruangan yang diperlukan untuk proses
produksi tidaklah luas, kami memperkirakan luas areasebagai tempat produksi
seluas 15 m². Dengan are seluas 15 m² tersebut memungkinkan untuk 1buah mesin
jahit dan tempat penyimpanan produk jadi. Begitu juga sebagai penyimpanan
bahanbaku produksi. Rencana area yang akan kami gunakan adalah rumah milik kami
sendiri. Pemenuhan Bahan Baku yang diperlukan
dalam memproduksi jas hujan FL ini dirasa cukup memadai, hal ini karena bahan
baku mudah di dapat.
ADAPUN
CARA MERAWAT JAS HUJAN ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
1. Apabila telah di pakai dan jas hujan
basah jangan langsung di lipat dan di simpan, keringkan terlebih dahulu baru
disimpan.
2. Apabila jas hujan kotor jangan
mencucinya dengan diterjen karena akan merusak pori2 dari jas hujan yang akan
membuat jas hujan anda menjadi tembus oleh air.
3. Kalau ingin membersihkan cukup hanya
dengan lap basah atau dibersihkan di bagian yang kotor saja.
KEUNGGULAN JAS HUJAN FL (FLEXIBLE) :
1. Dijamin tidak Tembus air, sudah
terbukti !!! Bahan berlapis 2 dan pada bahan yang pertama jahitannya diberi
lapisan lagi agar air tidak dapat masuk dan lapisan jahitan ini tidak mudah
terkelupas seperti pada merk lain. lapisan kedua berfungsi untuk menjaga agar
lapisan yang menutupi jahitan tidak mudah terkelupas. Serta menjaga kenyamanan
pemakai agar bahan yang menyentuh kulit adalah bahan pada lapisan yang ke dua
yang halus dan lembut.
2. Tidak mudah robek karena kekuatannya
bahan yang dibuat tidak mudah robek.
3. Jas hujan ini tahan lama sehingga kalau
sudah bosan dapat di wariskan ke anggota keluarga lain yang lebih membutuhkan.
4. Dilengkapi Stripping yang memberikan
kenyamanan pada saat mengandarai pada malam hari.
5. Penutup kepala dapat di sembunyikan apabila
tidak ingin digunakan
6. Dapat di pakai harian walau tidak
hujan karena bahan tidak panas.
Harga: type 92 terdiri dari baju dan
celana Rp155.000 sudah 1 set.
Kalau beli lebih dari 5 harga Rp135.000. Warna Hitam dan biru
Hub:
Kalau beli lebih dari 5 harga Rp135.000. Warna Hitam dan biru
Hub:
PERBANDINGAN DENGAN JAS HUJAN LAIN
·
Jas hujan yang terbuat dari plastik mudah robek, tidak tahan
lama kurang styles.
·
Jas hujan yang biasa alias murahan, kalau hujannya lama
tembus air juga tuh, apa lagi dengan bahan yang tipis akan membuat mudah robek,
kalau bahannya tebal akan membuat kaku pada saat disimpan dan akan lebih mudah
robek jika tersangkut otomatis tidak dapat di pakai lagi.
·
Jas hujan yang terbuat dari karet itu emang gak tembus air,
tapi bahannya panas dan gerah, membuat anda tidak nyaman memakainnya. kalau
terlalu lama disimpan jas hujan akan menempel kalau di paksa dapat
mengakibatkan jas hujan robek.
·
Jas hujan tanpa jahitan (pressan) jas hujan ini memang tidak
tembus air, tapi pressan tidak dapat tahan lama dan akan rusak dan robek. Jas
hujan parasut berlapis silicon pertama-tama pemakaian memang tidak tembus air,
akan tetapi lama kelamaan karena lapisan yang menutupi jahitan akan mengelupas
sampai terlepas, hal ini yang menyebabkan jas hujan tembus air.
H. METODE PELAKSANAAN PROGRAM
Metode pengembangan yang akan
dilaksanakan merupakan sebuah rangkaian tahapan yang disusun secara
sistematis, diantaranya :
1. Mengidentifikasi Masalah
Masalah utama
yang menjadi dasar dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah dibutuhkannya jas
hujan terutama kaum urban yang merasa membawa jas hujan ribet dan merepotkan
maka kita membuat produk yang simple dan fleksibel untuk memanfaatkannya
menjadi sesuatu yang berguna dan dapat menghasilkan profit.
2. Menentukan Logo, Visi dan Misi
Logo sudah seharusnya memiliki
fungsi yang praktis dan tepat guna atau efisien. Setiap perusahaan yang telah
memiliki ide bisnis yang jelas beserta dengan
kelengkapan visi dan misinya
haruslah diejawantahkan kedalam bentuk logo sebagai bagian dari program
marketing dan branding dari perusahaan tersebut.
Filosofi dari logo diatas adalah dimana terdapat tulisan “FL”
yang dimana “L” terbalik dan membentuk balok bisa diartikan bahwa jas hujan FL
merupakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat secara kesatuan dan juga
terdapat gambar mahkota yang dapat diartikan bahwa jas hujan FL ingin menjadi
raja khususnya di pasar jas hujan.
3. Menganalisis Kebutuhan Masyarakat
Menganilisis kebutuhan apa yang
dinginkan ataupun yang dibutuhkan masyarakat merupakan hal yang wajib karena jika produk itu sudah menjadi
kebutuhan masyarakat maka produk tidak usah payah untuk dipromosikan karena
masyarakat yang akan mencari produk tersebut.
4. Bekerjasama Dengan UKM
Kami berencana untuk bekerjasama
dengan UKM untuk menghasilkan produk kami, bekerjasama dengan UKM merupakan
visi dan misi kami karena dengan bekerjasama antar UKM maka aka nada
kesejahteraan antar UKM yang dimana merupakan keuntungan sendiri bagi
masyarakat untuk mengurangi pengangguran dan menciptakan lapangan kerja.
5. Perancangan dan Pelaksanaan Pemasaran
Setelah produk jas hujan berhasil diproduksi maka
diperlukan metode untuk memasarkannya agar diperoleh hasil yang memuaskan bagi
produsennya. Banyak sekali cara yang dapat ditempuh dalam rangka memasarkan
produk diantaranya dengan mempromosikan produk melalui selebaran atau dengan
menitipkan produk ditoko atau warung atau juga dapat membuka stand pada suatu
event tertentu dengan tujuan memperkenalkan produk ini, Cara baru yang sekarang
sedang marak digunakan adalah memasarkan produk dengan media internet yaitu
melalui online
Diagram
Alur Pemasaran yang akan digunakan

Penjelasan
Alur Pemasaran yang akan digunakan
Ø Social
Media : Penggunaan sosial media di zaman
modern ini sangatlah pesat dan juga merupakan pasar tersendiri untuk
wirausahawan khususnya online / e-commerce selain itu juga prosesnya yang mudah
dan tidak mengeluarkan biaya.
Ø Website
: Berfungsi sebagai rumah dari
produk itu sendiri karena tidak bisa bergantung terhadap social media, ini
merupakan keuntungan tersendiri dari wirausahawan.
Ø Paid
Ads : Jenis pemasaran ini efektif
untuk menggiring konsumen khususnya social media ke website yang sifatnya up to
date dan tepat sasaran terhadap target pasar yang ingin dicapai
Ø Search
Ads : Penggunaan search Ads merupakan
pemasaran dengan membutuhkan biaya yang besar karena tingkat pemasaran
mencangkup segala hal. Sebagai hal jika kita mencari atau menuliskan sepatu di
Search Ads maka akan terdapat tampilan beberapa produk sepatu
6. Pengamatan Pemasaran
Setelah beberapa cara atau metode pemasaran
dilakukan kemudian diperlukan aktifitas pengamatan terhadap metode tersebut
dengan harapan dapat ditemukannya metode yang lebih tepat dalam proses
pemasarannya dan juga agar dapat diketahui peluang – peluang baru yang dapat di
akses sehingga didapatkan hasil yang sangat memuaskan dari proses pemasaran
ini.
7. Evaluasi Hasil Pemasaran Produk Serta Ekspansi Produk
Evaluasi dapat
dilakukan dengan tujuan untuk mencari kelebihan dan kelemahan metode pemasaran
yang dipakai dan untuk mengetahui apakah produk cemilan ini pemasarannya
mengalami kemajuan atau mengalamai kemunduran dan hal ini dapat dilihat dari
jumlah produk yang terjual dipasaran.
8. Kesimpulan Program
Setelah beberapa
alur metode dilakukan maka tinggal diambil kesimpulan dari seluruh kegiatan
pembuatan cemilan dari nasi sisa ini yaitu apakah produk cemilan nasi sisa yang
dibuat mendapat tanggapan baik dari masyarakat dan juga dari pasar. Kemudian
apakah produksi masih bisa dilanjutkan atau tidak dengan melihat evaluasi yang
telah dilakukan sebelumnya.
Diagram alur kegiatan
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
I.
JADWAL PROGRAM
No
|
Kegiatan
Program
|
Bulan
Ke-1
|
Bulan
Ke-2
|
Bulan
Ke-3
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Mengidentifikasi
Masalah
|
||||||||||||
2
|
Menentukan
Logo, Visi dan Misi
|
||||||||||||
3
|
Menganalisis
Kebutuhan Masyarakat
|
||||||||||||
4
|
Bekerjasama
Dengan UKM
|
||||||||||||
5
|
Perancangan
dan Pelaksanaan Pemasaran
|
||||||||||||
6
|
Pengamatan
Pemasaran
|
||||||||||||
7
|
Evaluasi Hasil Pemasaran Produk Serta Ekspansi Produk
|
||||||||||||
8
|
Kesimpulan
|
Tabel 1.
J. RANCANGAN BIAYA
Rancangan
biaya yang digunakan dalam PKMK ini dengan rincian sebagai berikut:
no
|
Uraian
|
Volume
|
Satuan
|
Jumlah
|
Biaya Bahan Baku
|
||||
1
|
waterproof polyester
|
25 Meter
|
Rp. 55.000
|
Rp. 1.375.000
|
2
|
Dry Denim
|
15 Meter
|
Rp. 50. 000
|
Rp. 750.000
|
3
|
Zipper YKK
|
5 Meter
|
Rp. 10.000
|
Rp. 50.000
|
4
|
Bordiran
|
12 Buah
|
Rp. 15.000
|
Rp. 180.000
|
5
|
Polyurethane Polyster
|
25 Meter
|
Rp. 44.000
|
Rp. 1.100.000
|
6
|
Sablon
|
12 Buah
|
Rp. 7000
|
Rp. 84.000
|
7
|
Kancing
|
1 Paket
|
Rp. 25.000
|
Rp. 25.000
|
8
|
Karet Jaket
|
1 Paket
|
Rp. 35.000
|
Rp. 35.000
|
9
|
Benang
|
10 Buah
|
Rp. 20.000
|
Rp. 200.000
|
10
|
Aksesoris
|
-
|
-
|
Rp. 125.000
|
11
|
Jasa Jahit
|
-
|
-
|
Rp. 2.000.000
|
Jumlah Biaya Bahan Baku
|
Rp. 5.924.000
|
|||
Biaya Pemasaran
|
||||
1
|
Facebook Ads
|
750 Klik
|
Rp. 7.500
|
Rp. 5.625.000
|
2
|
Domain Web
|
-
|
-
|
Rp. 150.000
|
3
|
Jasa Web
|
-
|
-
|
Rp. 300.000
|
Jumalah Biaya Pemasaran
|
Rp. 6.075.000
|
Jadi
Biaya diatas merupakan perkiraan harga untuk 1 lusin produksi jas hujan dengan
rincian jumlah biaya bahan baku dan jumlah biaya pemasaran sebesar Rp. 11.999.000 ( Sebelas Juta Sembilan
Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu Rupiah )
Lampiran
1
Daftar Biodata Ketua
dan Anggota Kelompok serta Dosen Pembimbing
1.
Ketua Pelaksana
Kegiatan
a. Nama
Lengkap : Yusri Chanif
Nazarudin
b. Nim
: 41613110054
c. TTL : Tangerang, 28 Mei
1995
d. Angkatan : 2013
e. Fak
/ Jurusan : Fakultas Teknik
/ Teknik Industri
f. Perguruan
Tinggi : Universitas Mercu Buana
g. Alamat
Asal : Jl Halim Perdana
Kusuma no. 12 RT 04 RW 04 Kec.
Batuceper Kel. Batuceper Kota Tangerang
Banten Kodepos 15121
i.
No. Hp :
083898399919
j.
Waktu Kegiatan : -
2.
Anggota
Pelaksana
Anggota
1
a. Nama
Lengkap : Asih Dwi Utami
b. Nim
: 46113120050
c. TTL : Tangerang, 05 juni 1994
d. Angkatan : 2013
e. Fak
/ Jurusan : Psikologi
f. Perguruan
Tinggi : Universitas Mercu
Buana
g. Alamat
Asal : Gg.Mushollah Rt 006/03 no44 pabuaran barat
kelurahan pondok karya
kecamatan pondok aren
Tangerang selatan kode pos
15225
h. Email : asihdwiutami76@yahoo.com
i.
No. Hp : 081283939774
j.
Waktu Kegiatan : -
3.
Anggota
Pelaksana
Anggota
2
a. Nama
Lengkap : Mohammad Rifa’I
Azhar
b. Nim
: 41613110056
c. TTL : Tangerang,
18 Juni 1995
d. Angkatan : 2013
e. Fak
/ Jurusan : Teknik /
Teknik Industri
f. Perguruan
Tinggi : Universitas Mercu
Buana
g. Alamat
Asal : Kp. Gebang
Raya , RT. 02/02 No. 61
Kel. Gebang Raya Kec. Sangiang
Kota Tangerang
h. Email :
mrifai.azhar@gmail.com
i.
No. Hp : 083893876750
j.
Waktu Kegiatan : -
4.
Anggota
Pelaksana
Anggota
3
a. Nama
Lengkap : Firmansyah
b. Nim
: 43214110358
c. TTL : Jakarta, 16
Januari 1989
d. Angkatan : 2014
e. Fak
/ Jurusan : Fakultas Ekonomi
& Bisnis / Akuntansi
f. Perguruan
Tinggi : Universitas Mercu
Buana
g. Alamat
Asal : Jl. H. Kelik
No. 84 RT. 004 RW. 08
Kel. Kelapa Dua Kec. Kebon Jeruk Jakarta
Barat
Kode Pos 11550
h. Email :
firmansyah.akuntan83@gmail.com
i.
No. Hp : 0857.1451.5523
j.
Waktu Kegiatan : -
5.
Anggota
Pelaksana
Anggota
4
a. Nama
Lengkap : Abdul Rohman
b. Nim
: 43214110379
c. TTL : Jakarta,27
Mei 1996
d. Angkatan : 2014
e. Fak
/ Jurusan : Fakultas
Ekonomi & Bisnis / Akuntansi
f. Perguruan
Tinggi : Universitas Mercu
Buana
g. Alamat
Asal : Jl.H.Rausin gg
kayu manis Rt 005 Rw 08 No 58
Kel. Kelapa Dua Kec. Kebon Jeruk Jakarta
Barat
h. Email :
abdrohman0527@gmail.com
i.
No. Hp : 085780686326
j.
Waktu Kegiatan : -
Pengesahan
Tim PKM Kewirausahawan “ Jas Hujan FL”
Anggota
4, Anggota
3,
Abdul
Rohman Firmansyah
Nim: 43214110379 Nim:
43214110358
Anggota
2, Anggota
1,
M. Rifa’I Azhar Asih
Dwi Utami
Nim: 41613110056 Nim: 46113120050
Dosen Pedamping, Ketua Pelaksana,
Yusri Chanif Nazarudin
Nik: Nim:
41613110054
Tidak ada komentar:
Posting Komentar